Tips Mengatasi Masalah Scandisk dan Defrag pada Windows XP

Buat pengguna tools bawaan operating system windows-xp, adakalanya melakukan scandisk dan defragment dengan tujuan untuk mencek kestabilan system atau merapihkan kembali susunan file dalam struktur folder pada windows-xp.

Tapi kadang2 kita menghadapi masalah pada saat Scandisk dan/atau Defrag. Setelah berjalan sekian puluh persen (misalnya, 50%), tiba2 system macet atau hang. Banyak penyebab kenapa Scandisk atau Defrag ini gagal. Biar Scandisk atau Defrag berjalan dengan sukses, ikuti langkah2 berikut:

  • Pastikan sebelum melakukan scandisk / defrag untuk mendisable program antivirus yang berjalan pada modus background (systray) dengan memilih option dari dalam programnya Disable Autoprotect
  • Klik Start | Run, trus ketik msconfig tekan enter
  • Pada tab General, pilih Selective Startup trus kosongkan tanda centang pada semua item didalam kelompok ini.
  • Klik apply dan ok
  • Restart Windows
Setelah masuk windows kembali, coba jalankan Scandisk dan Defrag tanpa masalah lagi. Kalau proses Scandisk dan Defrag sudah selesai, jangan lupa mejalankan msconfig kembali dan memilih pilihan Normal Startup. Terakhir restart lagi dech windowsnya. Yang jelas dengan melakukan option diatas, proses scandisk dan defrag melalui tools bawaan windows-xp bakal terasa lebih cepat dan bebas hambatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini sudah Do-Follow
Silahkan tulis komentar Anda:

Related Posts with Thumbnails

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP