Tips Menghindari Ketidakstabilan pada sistem PC

Ketidakstabilan dalam sistem komputer bukan hal yang baru buat urusan PC. Masalah ketidakstabilan bisa saja terjadi waktu beragam peripheral/komponen ditambahkan ke dalam sistem. Apalagi kecepatan dan performa tinggi merupakan tuntutan hampir semua pengguna PC, masalah timbul saat komputer digenjot habis2an kemampuannya.

Ada beberapa tips buat menghindari dari masalah ketidakstabilan pada sistem PC yang kita pakai.

  • Setting BIOS yang benar : pakai setting default yang uda diatur dari pabriknya., jangan sok2an “overclock” kalau ga begitu ngerti masalah hardware.., apalagi kalau yang duitnya sering cekak. Giliran ada komponen yang rusak akibat setting BIOS yang berlebihan atau overclock cuma bisa gigit jari. Garansi hilang atau mau beli komponen baru duit lagi bokek. Tapi buat yang hobi ngoprek PC sama banyak duit ya ga masalah…, selain nambah pengetahuan kalau ada yang rusak kan bisa beli lagi…he he he…
  • Install Operating System yang benar : perhatikan langkah demi langkah waktu instalasi OS., Pastikan ga ada file yang corrupt selama proses instalasi. Pilih partisi buat instalasi yang benar., misalkan punya beberapa partisi harddisk…, jangan sampai milih partisi drive yang salah., giliran uda selesai install OS baru sadar tadi salah milih partisi. Cape dech..!
  • Install Driver yang benar : ketidakstabilan juga sangat sering terjadi cuma gara2 pengguna PC salah menginstall driver buat perangkat yang terpasang di PC. Hardware-nya tipe yang mana, yang di-install yang mana.! Jangan lupa update driver, sekarang uda gampang buat update driver via internet. Kalau ga tau alamat situsnya, bisa dicari lewat search engine macam om google.
  • Pasang Komponen yang benar : kurang mantap masang komponen pada tempatnya, kadang2 bikin system secara keseluruhan jadi ga stabil. Paling parah ya ga bakalan bekerja tuch komponen pada system. Jadi pastikan pasang yang benar komponen yang ada didalam PC secara sempurna.
  • Install Software yang sesuai dengan spesifikasi PC : ketidakstabilan system paling sering juga terjadi gara2 PC yang dimiliki ga mampu ngimbangin software2 atau game2 yang terinstall. Yang ada system jadi sering restart sendiri, atau paling parah system PC sama sekali ga bisa melakukan operasi. Biasanya masalah spesifikasi teknis yang terlalu rendah, sementara software atau game yang diinstall memakan resources yang terlalu besar. Jadi sebaiknya sesuaikan kemampuan PC dengan software atau game yang bakal diinstall.
  • Hindari panas system yang berlebihan : panas yang berlebihan gara2 frekuensi tinggi emang ga bisa dihindari. Panas yang berlebih atau terlalu tinggi bisa diakali dengan heatsink fan atau system sirkulasi udara yang baik. Untuk mengurangi dampak2 yang muncul pilih jenis casing yang punya sirkulasi udara yang bagus. Atau bisa dengan cara penambahan fan buat beberapa komponen vital macam prosessor, chipset, memori, atau harddisk.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini sudah Do-Follow
Silahkan tulis komentar Anda:

Related Posts with Thumbnails

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP