Lupa Password BIOS

Terkadang ada orang yang suka ngasi password untuk masuk ke BIOS (basic input output system), tujuan ya buat proteksi system utama komputer itu sendiri, atau bisa jadi biar ga ada orang lain yang ngutak-ngatik settingan BIOS di komputernya., karena sesuai namanya BIOS itu kan megang peranan penting di system komputer buat kestabilan system. Bisa aja ka ada orang iseng yg ngerubah settingan di BIOS jadi ekstrim misalnya aja naikin frekuensi prosessor lebih tinggi di luar kemampuan, atau ngubah2 settingan clock memory de el el…



Tapi terkadang ada juga orang yang ngasi password BIOS tapi lupa ama passwordnya…wua ka kak…! Gimana nech…


Nah kalo ngalamin LUPA ama password BIOS yang kamu bikin, ga usah bingung, banyak caranya koq buat ngilangin tu password.


  • Pilihan pertama buka casing komputernya trus cari jumper yang paling dekat batere di mainboard, biasanya short pin 2-3, maksudnya dishort dipindahin posisinya, jadi pindahin aja jumpernya ke pin 1-2, tunggu beberapa detik balikin lagi ke pin sebelumnya 2-3. Tapi inget tiap maiboard pin yang dishort beda2, cek dibuku manual mainboardnya bro.
  • Pilihan ke dua copot batere CMOS, dishort positif ama negatifnya, tapi kalo mainboard masih masa garansi jangan kali yee, ntar garansai ilang lagi, biasanya sticker garansi kan ditempel di batere CMOS tuch..
  • Nah pilihan ketiga, paling gampang apalagi buat yang males buka2 casing computer., masuk aja MS-Dos prompt pake disket boot bisa, atau CD/DVD boot. Pas uda masuk MS-Dos prompt ketik DEBUG, ketik lagi o 70 2e, trus o 71 ff teken enter.


Buat keluar dari DEBUG ketik aja q alias quit .


Restart dech komputernya…, masuk BIOS lagi da ilang tuch passwordnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini sudah Do-Follow
Silahkan tulis komentar Anda:

Related Posts with Thumbnails

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP